Ragam
Simak inilah, Perbedaan Utang Modal dan Bagi Hasil Permodalan
PALEMBANG, WongKito.co - Selama ini, fenomena seorang kawan ingin meminjam uang untuk modal dagang, kemudian selama uang itu belum bisa dikembalikan, ia berjanji memberikan keuntungan dagangnya sebesar Rp 50 ribu/hari.
Namun ia tidak memastikan secara pasti kapan pinjaman itu akan dilunasi.
Hal seperti ini apakah dibolehkan oleh syara'? Atau akad apa sebaiknya yang digunakan untuk masalah ini?. Masih bingung menjawabnya, berikut penjelasan berdasarkan dalil yang dikutip dari NUOnline, Rabu (1/2/2023).
Utang Modal
Utang modal merupakan aktivitas pinjam duit (utang) untuk modal usaha. Soko guru dari akad ini adalah “utang” itu sendiri, yang dalam fiqih dikenal sebagai akad qardh.
Baca Juga:
- Jimin BTS jadi Global Brand Ambasador Dior, ini Alasannya
- 31 Ponsel ini Tidak Bisa Gunakan WhatsApp, Simak HP Apa saja
- KemenPPPA Klaim Program Indonesia Ramah Perempuan dan Layak Anak Berhasil
Imam Sirajuddin Al-Bulqini (wafat 805 H) telah menyampaikan definisi dari utang (qardh) sebagai berikut:
دفعُ مالٍ مخصوصٍ إرفاقًا على وجهٍ مخصوصٍ ليردَّ بدَلَهُ
Artinya, “Menyerahkan uang tertentu karena niat menolong karena latar belakang tertentu supaya dikembalikan gantinya.” (Sirajuddin Al-Bulqini, At-Tadrib fil Fiqhis Syafi’i, [Riyadh: Darul Qiblatain], juz II, halaman 74).
Garis besarnya, yang dinamakan utang adalah mengembalikan uang yang diutang dengan nilai dan nominal yang sama (raddu mitslih).
Dalam kasus utang modal di atas, karena landasan akadnya adalah utang, maka kewajiban dari pihak yang berutang adalah mengembalikan jumlah uang yang diutang dengan nomimal yang sama.
Janji memberi hasil sebesar Rp 50 ribu setiap bulan menempati derajat manfaat dari utang, sehingga termasuk praktik riba qardhi yang dilarang secara syara'.
فإن أقرضه شيئًا بشرط أن يرد عليه أكثر منه، بأن أقرضه درهمًا، بشرط أن يرد عليه درهمين ... لم يجز
Artinya, "Apabila ada seseorang mengutangi pihak lain dengan janji akan dikembalikan lebih, seperti mengutangi satu dirham dengan dikembalikan 2 dirham, maka tidak boleh." (Abul Husain Yahya ibnu Abil Khair ibnu Salim Al-Imrani, Al-Bayan fi Madzhabil Imam As-Syafi'i, [Jedah: Darul Minhaj: 2000], juz V, halaman 463).
Baca Juga:
- Ada Perusakan Pemakaman Pangeran Kramajaya, Ini Langkah Disbud Palembang
- Kurangi Emisi Karbon, Kilang Pertamina Plaju Gandeng Mahasiswa Sumsel Gelar Kuliah Merdeka 2.0
- Bedah Buku Aldera di Unsri, Pius Ingatkan Perjuangan Reformasi dan Sikap Kritis Mahasiswa
Alhasil, karena merupakan akad utang, maka berlaku apa yang disabdakan oleh Nabi Muhammad saw, bahwa sebaik-baik orang adalah yang paling baik dalam menunaikan utangnya.
Dengan demikian, akad sebagaimana yang dipraktikkan pada deskripsi masalah, sebagaimana di awal tulisan, adalah akad yang dilarang secara syara’.
Akad Bagi Hasil Permodalan Akad bagi hasil permodalan merupakan akad yang berbeda dengan akad utang modal.
Secara syara’, akad ini merupakan akad yang legal dan dikenal sebagai akad qiradh atau mudharabah.
القراض مشروط برد رأس المال واقتسام الربح Artinya: “Qiradh merupakan akad yang dibangun dengan landasan syarat pengembalian modal dan bagi keuntungan.” (Abu Zakaria Yahya ibnu Syaraf An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarhul Muhaddzab, [Damaskus, Darul Fikr], juz XIV, halaman 362).
Akad ini ditunaikan dengan ciri khas: 100% modal berasal dari investor (rabbul mal); pihak yang dimodali berlaku sebagai pelaksana lapangan dalam mengembangkan modal tersebut; keuntungan yang didapat dari pengelolaan merupakan harta yang kelak dibagi hasil sesuai nisbah bagi hasil yang disepakati.
Misalnya, pemodal 40% dan pengelola 60%, sesuai dengan kesepakatan nisbah bagi hasil harus disepakati di awal kontrak qiradh atau mudlarabah itu dilakukan.
Akad apa yang sebaiknya digunakan? Ada banyak akad yang bisa diadopsi untuk menjalankan usaha dengan struktur bagi hasil.
Ada akad qirad, syirkah, syirkah mudharabah, dan masih banyak lagi akad lainnya yang telah diteliti legalitasnya.
Kiranya, yang kita butuhkan selaku usahawan adalah kemauan untuk belajar, mengaji pada para ulama yang kompeten di bidangnya. Wallahu a’lam bis shawab.(NUOnline)